Kunjungan Kerja Camat Sidareja dan Ombudsman RI perwakilan Jawa Tengah

Kunjungan Kerja Kecamatan Sidareja pada Kamis, 22 Februari 2018 bersamaan dengan kedatangan Ombudsman RI perwakilan Jawa Tengah.Camat Sidareja Budi Narimo, S.Sos, M.Si membuka acara dalam rangka evaluasi kinerja Pemerintah Desa Sidamulya Kecamatan Sidareja. Adapun Hal yang lebih pokok di bahas adalah Sistem Regulasi laporan pertanggungjawaban yang harus sesuai jadwal memang menjadi penekanan Camat Sidareja. Selain itu, Kedatangan Ombudsman RI perwakilan Jawa Tengah Disambut baik oleh Camat Sidareja dengan harapan Agar Pemerintah Desa di Kecamatan Sidareja Umumnya dan khususnya di Desa Sidamulya dapat mengerti siapa Itu Ombudsman dan Apa Kewenangannya.

Sesi kedua di isi oleh Ombudsman RI yang dalam hal ini ombudsman ingin mengadakan Sosialisasi Langsung tentang Siapa dan Bagaimana kinerja Ombudsman dalam hal Keluhan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik. Hal prinsip yang mendasari kunjungan Ombudsman ke Pemerintah Desa Sidamulya Kecamatan Sidareja adalah karna Wilayah Kabupaten Cilacap yang belum Diadakan Sosialisasi Adalah Cilacap Bagian Barat dalam Hal ini pemerintah Desa Kecamatan Sidareja umumnya dan Khususnya desa Sidamulya, sehingga Desa Sidamulya paham dan Tahu apa itu Ombudsman dan terhadap Pelayanan publik.Perwakilan Ombudsman menjelaskan bahwa Ombudsman berfungsi mengawasi penyelenggaraan Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Penyelenggara Negara dan Pemerintah baik Pusat maupun daerah termasuk yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Milik Negara serta badan Swasta atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu.

Adapun tugas Ombudsman Republik Indonesia adalah:

  1. Menerima Laporan atas dugaan Maladministrasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik.
  2. Melakukan pemeriksaan substansi atas Laporan.
  3. Menindaklanjuti Laporan yang tercakup dalam ruang lingkup kewenangannya.
  4. Melakukan investigasi atas prakarsa sendiri terhadap dugaan Maladministrasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik.
  5. Melakukan koordinasi dan kerja sama dengan lembaga negara atau lembaga pemerintahan lainnya serta lembaga kemasyarakatan dan perseorangan.
  6. Membangun jaringan kerja.
  7. Melakukan upaya pencegahan Maladministrasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik.
  8. Melakukan tugas lain yang diberikan oleh undang-undang.

Semoga dengan adanya Kunjungan yang Seperti ini Mampu Menambah Khasanah Pengetahuan dan Pengalaman Kita di Pemerintahan Republik indonesia.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan